"Musik merupakan sebuah lambang jiwa dan pikiran, yang dapat mempersatukan mereka menjadi satu dan menciptakan suatu harmoni dan melodi yang indah ...."
Bagi sebagian orang , musik Indonesia adalah suatu peninggalan kuno yang tidak perlu untuk dilestarikan dan tidak terlalu berguna jika dipelajari . Itulah sebabnya mengapa hampir semua generasi muda Indonesia sangat minim pengetahuan akan budaya dan ilmu tentang musik tradisional Indonesia, mereka malah melestarikan budaya dan ilmu musik negara lain seakan-akan ia hanya menumpang menghabiskan waktu hidupnya di negeri ini untuk melstarikan budaya negeri orang. Namun siapa bilang bahwa negeri yang mempunyai segudang ilmu dan peninggalan tentang musik memiliki kualitas kuno yang hanya bisa dimuseumkan ?
banyak sekali peninggalan yang sangat baik untuk dilestarikan dan dipelajari dari negeri ini ...
Kualitas musik tradisional Indonesia sangatlah sempurna , bahkan indonesia dikenal sebagai "macan asia" di bidang musik . bukan hanya musik tradisional saja yang memiliki kualitas ciamik , musik modern Indonesia pun memiliki reputasi yang sangat baik di berbagai dunia terutama musik jenis pop , orchestra dan jazz .
Musik Indonesia menunjukkan keragaman budaya, kreativitas musik lokal, sertas elanjutnya pengaruh musik asing yang berbentuk musik adegan kontemporer Indonesia. Dan yang tak kalah berharganya adalah tangga nada asli Indonesia , yaitu PELOG.
Sejak tuning bervariasi begitu luas dari pulau ke pulau, desa ke desa, dan bahkangamelan gamelan, sulit untuk menggambarkan dalam hal interval. Salah satupendekatan kasar mengungkapkan tujuh pitches dari pelog Jawa Tengah sebagai bagian dari 9-nada temperamen equal. Sebuah analisis dari 27 gamelan JawaTengah oleh Surjodiningrat (1972) mengungkapkan preferensi statistik untuk sistemtuning.
Seperti dalam slendro, meskipun interval gamelan bervariasi dari satu ke berikutnya,interval antara catatan dalam skala yang sangat dekat dengan identik untuk instrumen yang berbeda dalam gamelan Jawa yang sama. Ini tidak terjadi di Bali, di manainstrumen yang dimainkan dalam pasangan yang disetel agak terpisah sehingga menghasilkan pemukulan gangguan. Mengalahkan idealnya pada kecepatan yang konsisten untuk semua pasangan dari semua catatan dalam register. Ini memberikan kontribusi yang sangat "gelisah" dan "berkilauan" suara ansambel gamelan. Dalamupacara keagamaan yang mengandung Gamelan, ini mengalahkan interferensi adalah dimaksudkan untuk memberikan pendengar perasaan kehadiran dewa atau batu loncatan ke keadaan meditatif.
Bagi sebagian orang , musik Indonesia adalah suatu peninggalan kuno yang tidak perlu untuk dilestarikan dan tidak terlalu berguna jika dipelajari . Itulah sebabnya mengapa hampir semua generasi muda Indonesia sangat minim pengetahuan akan budaya dan ilmu tentang musik tradisional Indonesia, mereka malah melestarikan budaya dan ilmu musik negara lain seakan-akan ia hanya menumpang menghabiskan waktu hidupnya di negeri ini untuk melstarikan budaya negeri orang. Namun siapa bilang bahwa negeri yang mempunyai segudang ilmu dan peninggalan tentang musik memiliki kualitas kuno yang hanya bisa dimuseumkan ?
banyak sekali peninggalan yang sangat baik untuk dilestarikan dan dipelajari dari negeri ini ...
Kualitas musik tradisional Indonesia sangatlah sempurna , bahkan indonesia dikenal sebagai "macan asia" di bidang musik . bukan hanya musik tradisional saja yang memiliki kualitas ciamik , musik modern Indonesia pun memiliki reputasi yang sangat baik di berbagai dunia terutama musik jenis pop , orchestra dan jazz .
Musik Indonesia menunjukkan keragaman budaya, kreativitas musik lokal, sertas elanjutnya pengaruh musik asing yang berbentuk musik adegan kontemporer Indonesia. Dan yang tak kalah berharganya adalah tangga nada asli Indonesia , yaitu PELOG.
Pelog adalah satu dari dua skala (tangga nada) yang esensial dipakai dalam musik gamelan asli dari Bali dan Jawa di Indonesia. Skala lainnya adalah slendro. Skala pelog dapat dibuat dengan cara merangkaikan interval sempurna keempat dengan interval yang cukup lebar, sekitar 515 sampai 535 sen. Interval ini berada pada jarak yang ekstrem yang dapat didengar sebagai interval keempat.
Skala pelog yang penuh terdiri dari tujuh nada yang berbeda (suatu tumpukan dari 6 buah interval keempat), tetapi biasanya suatu komposisi akan ditulis dalam 5 nada. Ketujuh nada dalam skala pelog disebut "barang", "dada", "nem", "gulu", "lima", "bem", dan "pelog".
Nada dalam skala dengan dua interval yang berbeda, dilambangkan dengan L dan S, adalah: gulu-S-dada-L-pelog-S-lima-S-nem-S-barang-L-bem-S-gulu. Dalam hal ini, S adalah sekitar 110-150 sen dan L adalah sekitar 250-300 sen.
Sejak tuning bervariasi begitu luas dari pulau ke pulau, desa ke desa, dan bahkangamelan gamelan, sulit untuk menggambarkan dalam hal interval. Salah satupendekatan kasar mengungkapkan tujuh pitches dari pelog Jawa Tengah sebagai bagian dari 9-nada temperamen equal. Sebuah analisis dari 27 gamelan JawaTengah oleh Surjodiningrat (1972) mengungkapkan preferensi statistik untuk sistemtuning.
Seperti dalam slendro, meskipun interval gamelan bervariasi dari satu ke berikutnya,interval antara catatan dalam skala yang sangat dekat dengan identik untuk instrumen yang berbeda dalam gamelan Jawa yang sama. Ini tidak terjadi di Bali, di manainstrumen yang dimainkan dalam pasangan yang disetel agak terpisah sehingga menghasilkan pemukulan gangguan. Mengalahkan idealnya pada kecepatan yang konsisten untuk semua pasangan dari semua catatan dalam register. Ini memberikan kontribusi yang sangat "gelisah" dan "berkilauan" suara ansambel gamelan. Dalamupacara keagamaan yang mengandung Gamelan, ini mengalahkan interferensi adalah dimaksudkan untuk memberikan pendengar perasaan kehadiran dewa atau batu loncatan ke keadaan meditatif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Your comment is inportant for us